Home » , , , , » Menginstal Arduino di Windows 7

Menginstal Arduino di Windows 7


Sebelum melakukan penginstalan Arduino di PC, terlebih dahulu kita harus mempunyai software Arduino tersebut. Pada contoh berikut kita akan mengambil Arduino UNO sebagai subyeknya. Software Arduino UNO dapat didownload langsung pada website resminya : http://arduino.cc/en/Main/Software, silahkan download  software terbarunya atau download salah satu yang lainnya dan sesuai dengan OS (Operating System: Windows atau Max OS X atau Linux) PC kita masing-masing. 

Berhubung sekarang topik kita adalah menginstal Arduino pada Windows 7, berarti yang didownload adalah software Arduino UNO untuk OS Windows 7.


Pada kesempatan kali ini kita akan memakai software Arduino 0023, kalau pakai software yang terbaru mungkin akan lebih baik, mungkin banyak fiturnya nanti dalam penggunaannya.

Oke kita mulai langkah-langkah menginstal Arduino pada PC dengan Windows 7 : 
  1. Setelah software Arduino selesai didownload, maka file yang kita dapat adalah berbentuk zip, ekstraklah file tersebut, sehingga akan didapat sekarang software Arduino dalam bentuk folder.
  2. Letakkan folder software Arduino tadi di C:/Program Files/
  3. Sambungkan Arduino ke PC melalui kabel USB, menurut pengalaman, akan ada muncul pesan pada bagian kanan bawah yang menyatakan bahwa Arduino tidak terinstal dengan suskses (tentu dalam bahasa Inggris, cuma lupa kata-katanya), kalau gak salah kata-katanya: “Arduino has not installed succesfully”, gak masalah... dan kalau gak muncul pesanpun gak masalah..., sekarang kita sudah bisa lanjut ke langkah nomor 4.
  4. Klik Start > Klik kanan pada Computer > Properties > Device Manager, sekarang kita melihat Unknown device

    Klik kanan pada Unknown device > Update Driver Software > Browse my computer for driver software > Browse > Forward to software location for Arduino (tadi kita meletakkannya di C:/Program Files/arduino-0023/drivers), kemudian klik OK, klik Next. Jika muncul pesan Windows Security, pilih Install this driver software anyway, tunggu proses “Installing driver software...” sampai selesai
  5. Sekarang muncul pesan “Windows has successfully updated for driver software” bahwa Windows telah sukses mengupdate software driver, kemudian klik Close. Kita melihat pada Device manager tadi bahwa Unknown device telah berganti dengan Arduino dan setelah itu ada tulisan COM 15, COM 15 itu menyatakan port tempat kita menyambungkan Arduino (tidak harus 15, tergantung di port USB mana kita menyambung Arduino), ketika akan menggunakan Arduino pada port inilah selalu kita sambungkan Arduino tersebut, tapi kalau pada port lain sih sebenarnya juga tidak masalah, hanya saja kita harus mengganti settingan portnya setiap akan menggunakan Arduino
  6. Buka folder software Arduino C:\Program Files\arduino-0023, di situ ada file applikasi yang bernama arduino.exe, copy dan paste file tersebut ke desktop sebagai shortcut, inilah yang kita kenal dengan IDE Arduino, ganti saja namanya di shortcut dengan IDE Arduino
  7. Buka IDE Arduino, pilih Tools > Board > Arduino UNO (tergantung jenis board Arduino yang kita gunakan, pada kesempatan ini kita menggunakan board Arduino UNO, maka kita pilih Arduino UNO)
  8. Menetapkan serial ports Arduino,
    Pilih Tools > Serial Port > COM15 (sesuai dengan yang kita lihat di Device Manager tadi)
  9. Sekarang kita akan coba mengupload sebuah sketch untuk board Arduino,
    Pilih File > Exmaples > Basics > Pilih Blink, ada 7 icon kita lihat di bawah menu utama, icon ke-2 dari kiri adalah icon untuk mengupload sketch untuk board Arduino, klik icon tersebut, ketika sedang mengupload akan ada pesan di bagian bawah IDE Arduino “Uploading to I/O Board...”
  10. Ketika upload telah selesai, maka akan muncul pesan “Done Uploading”. Maka saat ini kita telah sukses untuk melakukan penginstalan Arduino pada Windows 7 dan Arduino siap digunakan.


Terimakasih atas kunjungannya... Semoga bermanfaat...

2 comments:

Blogger templates

Followers

Lencana Facebook