Home » , , , » Pengenalan (PIR Motion Sensor) Sensor Gerak PIR

Pengenalan (PIR Motion Sensor) Sensor Gerak PIR

pirlens_t.jpg
piranno.gifpirsensor.jpg

Pyroelectric ("Passive") InfraRed sensors (PIR):


Sensor PIR memungkinkan kita untuk mendeteksi adanya gerakan, digunakan untuk mendeteksi apakah manusia/benda telah bergerak atau keluar dari jangkauan sensor. Sensor PIR kecil, murah, berdaya rendah, mudah digunakan dan tidak mudah rusak. Itu alasan mereka banyak digunakan dalam peralatan rumah dan gadget. Mereka sering disebut sebagai PIR, "Pasif Infrared", "Piroelektrik", atau "Motion IR" sensor.

PIR pada dasarnya terbuat dari sensor piroelektrik (seperti gambar di atas, seperti logam bulat dengan kristal segi empat di tengah), yang dapat mendeteksi tingkat radiasi inframerah. Sensor PIR memancarkan sejumlah radiasi tingkat rendah, dan panas. Sensor dalam pendeteksi gerak sebenarnya terbagi dalam dua bagian untuk mendeteksi gerakan (perubahan). Kedua bagian ini berkabel sehingga mereka dapat berhubungan satu sama lain. Jika salah satu mendeteksi radiasi Infrared dari yang lainnya, maka menghasilkan output yang bernilai High atau Low.


Sensor piroelektrik  dalah sekumpulan pendukung rangkaian, resistor dan kapasitor. Sebagian kecil penghobi sensor menggunakan BISS0001 ("Micro Power PIR Detector IC"), karena harga yang sangat murah. IC ini mengambil output dari sensor dan melakukan pengolahan (proses) kecil dan mengeluarkan (output) berupa pulsa output digital dari sensor analog.

Beberapa statistik dasar

Hampir semua jenis sensor PIR akan memiliki spesifikasi memiliki perbedaan, meskipun semuanya memiliki cara kerja yang sama. Anda dapat cek perbedaan tersebut dalam datasheet.


  • Ukuran : Persegi
  • Harga : $10.00 di Adafruit shop
  • Output : Nilai Digital High (3V) saat dipicu (gerakan terdeteksi), dan nilai digital Low saat menganggur (tidak ada gerakan terdeteksi). Panjang pulsa ditentukan oleh resistor dan kapasitor pada PCB.
  • Jangkauan sensitivitas : sampai 20 kaki (6 meters) 110 derajat x 70 derajat jangkauan deteksi
  • Power supply: 3.3V - 5V tegangan input.



  • More links!





    3 komentar:

    1. karakteristik sensor PIR itu seperti apa ya gan.??
      tolong penjelasannya gan ..

      BalasHapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    3. kasih tw donk mas kalo sensor pir ini digunakan sbgai alarm anti maling ?? bisa buatkan skematiknya gak mas ??

      BalasHapus

    Blogger templates

    Followers

    Lencana Facebook